Rabu, 13 Februari 2013

Cara Mudah Memfokuskan Diri (BI-01-SS-12)

Cari posisi nyaman
Tidak perlu ruangan besar atau membuat ruang khusus. Anda bisa memanfaatkan sudut ruangan yang memiliki tingkat ketenangan yang bagus, memiliki sirkulasi udara yang lancar dan cukup untuk tempat matras, tempat meja untuk meletakkan lilin atau bunga-bunga yang membantu melancarkan meditasi.

Fokus pada kegiatan sehari-hari
Sama seperti hal lain, meningkatkan fokus dapat dilatih. Tak perlu media yang mahal atau latihan khusus, Anda bisa mempelajarinya pada kegiatan sehari-hari. Misalnya, saat Anda mencuci tangan. Rasakan bagaimana air mengalir mengenai kulit, dan apa sensasi yang Anda rasakan. Dengar bunyinya, dan biarkan pikiran Anda fokus sepenuhnya pada kegiatan tersebut.

Istirahat di sela aktivitas
Meditasi tak selalu menghabiskan waktu lama. Anda bisa memberikan ketenangan pada pikiran di sela-sela aktivitas harian. Hentikan sesaat aktivitas Anda, lalu nikmati kegiatan bernapas sambil memejamkan mantra, beri sugesti positif dan semangat untuk mulai beraktivitas kembali.

Latihan pernapasan
Cara lain untuk melatih fokus pikiran adalah dengan berlatih bernapas. Beberapa latihan meditasi menggunakan napas sebagai pusat utama latihan. Tetapi apapun jenis meditasi yang Anda pakai, persiapkan lima menit awal sebelum berlatih untuk membantu melepas lelah pikiran dan beristirahat.

Sambil mendengarkan musik
Musik adalah media yang baik untuk mengembalikan ketenangan pikiran, terlebih lagi dalam meditasi. Musik-musik klasik milik Mozart, dan beberapa komposer lain sangat bagus sebagai media terapi untuk membuat pikiran Anda lebih fokus saat mendengar nada-nada yang mengalun.

Sikap bahagia dan ceria
Untuk menghasilkan pikiran yang fokus dan kebahagiaan saat melakukan meditasi, jangan lupakan untuk membuat hati Anda bahagia. Segala tindakan dan pemikiran negatif akan memengaruhi meditasi. Sehingga pikiran yang positif, diikuti sikap ceria akan membuat hasil meditasi Anda lebih bermanfaat.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar